Welcome To Our Blog :) This blog Contents All About Medical Check Up

Senin, 29 Oktober 2012

Jenis Pemeriksaan Medical Check Up (MCU)



1. Pemeriksaan Narkoba

Pemeriksaan narkoba yang meliputi : Marijuana / hashish test, Ectasy / Shabu-shabu test, Heroin / Morfin, Alkohol

2. Pemeriksaan Saluran Cerna dan Hati

Pemeriksaan ini bisa membantu dalam menegakkan diagnosis, menentukan lokasi kelainan dan kadang mengobati penyakit pada sistem pencernaan. Pemeriksaan terdiri dari : Pemeriksaan Laboratorium, U S G hepato – bilier, Pemeriksaan Fisik oleh Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Resume & Konsultasi Hasil MCU oleh Dokter Spesialis Penyakit Dalam

3. Pemeriksaan Kesehatan Calon Pegawai

Pemeriksaan yang dilaksanakan, meliputi pemeriksaan jasmani oleh dokter; foto rontgen dada; dan pemeriksaan laboratorium darah lengkap, fungsi hati, fungsi ginjal, gula darah, dan urin lengkap.



4. Pemeriksaan Kesehatan Dasar Laki-laki/Perempuan

Pemeriksaan yang dilaksanakan, meliputi pemeriksaan jasmani oleh dokter; foto rontgen dada oleh dokter spesialis radiologi; rekam jantung oleh dokter spesialis jantung dan pembuluh darah; pemeriksaan laboratorium darah lengkap, fungsi hati, fungsi ginjal, gula darah, lemak darah, dan urin lengkap. Untuk perempuan ditambah pemeriksaan kandungan dan tindakan pap smear.

5. Pemeriksaan Kesehatan Standar Laki-laki/Perempuan

Pemeriksaan yang dilaksanakan, meliputi pemeriksaan jasmani oleh dokter; foto rontgen dada dan USG abdomen (perut dan isinya) oleh dokter spesialis radiologi; rekam jantung dan test treadmill oleh dokter spesialis jantung dan pembuluh darah; anuscopy oleh dokter spesialis bedah; visus dan buta warna oleh dokter spesialis mata; spirometri oleh dokter spesialis paru; dan pemeriksaan laboratorium darah lengkap, fungsi hati, fungsi ginjal, gula darah, lemak darah, dan urin lengkap. Untuk perempuan ditambah pemeriksaan kandungan dan tindakan pap smear.

6. Pemeriksaan Kesehatan Lengkap Laki-laki/Perempuan

Pemeriksaan yang dilaksanakan, meliputi pemeriksaan jasmani oleh dokter spesialis penyakit dalam; dokter gigi, dokter spesialis syaraf, foto rontgen dada, panoramic, dan USG abdomen oleh oleh dokter spesialis radiologi; rekam jantung dan test treadmill oleh dokter spesialis jantung dan pembuluh darah; anuscopy oleh dokter spesialis bedah; visus, buta warna, tonometri, dan funduscopy oleh dokter spesialis mata; spirometri oleh dokter spesialis paru; audiometri oleh dokter spesialis THT; pemeriksaan laboratorium darah lengkap,fungsi hati lengkap, fungsi ginjal, gula darah, lemak darah,VDRL dan TPHA untuk penyakit sifilis, HBsAg, Anti HBsAg, dan Anti HCV untuk penyakit hepatitis, feses lengkap, dan urin lengkap. Untuk perempuan ditambah pemeriksaan kandungan, mammografi, dan tindakan pap smear.

7. Pemeriksaan Kesehatan Eksekutif Laki-laki/Perempuan.

Pemeriksaan yang dilaksanakan, meliputi pemeriksaan jasmani oleh dokter spesialis penyakit dalam; dokter gigi, dokter spesialis syaraf, foto rontgen dada, panoramic, dan USG abdomen oleh dokter spesialis radiologi; rekam jantung dan test treadmill oleh dokter spesialis jantung dan pembuluh darah; anuscopy oleh dokter spesialis bedah; visus, buta warna, tonometri, dan funduscopy oleh dokter spesialis mata; spirometri oleh dokter spesialis paru; audiometri oleh dokter spesialis THT; pemeriksaan laboratorium darah lengkap, fungsi hati lengkap, fungsi ginjal, gula darah, lemak darah, VDRL dan TPHA untuk penyakit sifilis, HBsAg, Anti HBsAg, dan Anti HCV untuk penyakit hepatitis, feses lengkap, dan urin lengkap, dan pemeriksaan AFP, CEA, PSA, CA 15-3, CA 12-5 untuk mengetahui jika ada tumor. Untuk perempuan ditambah pemeriksaan kandungan oleh dokter spesialis kebidanan; mammografi, dan tindakan pap smear.



8. Pemeriksaan Kesehatan Jantung



Pemeriksaan yang ditujukan bagi mereka yang berusia di atas 30 tahun, telah memiliki salah satu faktor risiko, seperti hipertensi, diabetes millitus (penyakit gula / kencing manis), kolesterol darah yang tinggi, perokok, obesitas (kegemukan), atau memiliki riwayat keluarga sakit jantung koroner. Pemeriksaan yang dilaksanakan, meliputi pemeriksaan dokter spesialis jantung dan pembuluh darah; foto rontgen dada; rekam jantung dan test treadmill oleh dokter spesialis jantung dan pembuluh darah; pemeriksaan laboratorium darah lengkap, gula darah, urin dan feses lengkap, fungsi ginjal, dan lemak darah.

9. Pemeriksaan Kesehatan Pra Nikah

Pemeriksaan ini dilakukan untuk calon suami dan istri yang hendak menikah dan meliputi pemeriksaan jasmani oleh dokter; foto rontgen dada, gula darah, VDRL untuk mengetahui penyakit sifilis, HBsAg dan Anti HBsAg untuk mengetahui penyakit hepatitis, TORCH pada wanita untuk mengetahui penyakit infeksi yang dapat berakibat buruk pada janin jika hamil, penyakit yang diturunkan dan pemeriksaan sperma untuk pria.

10. Pemeriksaan Kesehatan Anak

Pemeriksaan yang dilaksanakan, meliputi pemeriksaan dokter spesialis anak; foto thorax; dan pemeriksaan laboratorium darah lengkap, golongan darah, dan urin lengkap.


Untuk menentukan pemeriksaan medical check up mana yang akan dipilih, tentunya disesuaikan dengan kebutuhan. Sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, agar pemeriksaan tepat sasaran dan bermanfaat untuk pengobatan lebih lanjut.

1 komentar:

  1. youtube4.com - Videosloot.cc
    YouTube 4.9/10 youtube mp3 - 4.9/10 - The official YouTube channel for you to share videos and videos in your favourite language or language.

    BalasHapus